Cara Menyusun Modul Pelatihan Kerja yang Efektif

By January 12, 2018 Artikel LSP
Cara Menyusun Modul Pelatihan | LSP Trainer Indonesia

Bagaimana Cara Menyusun Modul Pelatihan Kerja yang Efektif ?

Sebagai tenaga pengajar, entah itu Trainer, Guru, Dosen, Instruktur ataupun Widyaiswara pasti memikirkan bagaimana caranya agar materi yang Anda bawakan dapat tersampaikan dengan baik kepada audiens Anda.

Kebanyakan dari tenaga pengajar berlatih Public Speaking agar luwes berbicara di depan audiens. Namun, apakah itu sudah cukup? Ternyata belum. Apakah audiens Anda tidak jenuh jika hanya mendengarkan Anda berbicara selama ber jam-jam?

Anda tak hanya harus pandai berbicara, namun menyajikan sesuatu yang berbeda yang membuat Audiens Anda betah menyimak materi yang Anda sampaikan.

Selain mahir berbicara, Anda juga harus mahir menyusun modul pelatihan yang efektif untuk audiens Anda.

Bagaimana cara menyusun modul pelatihan yang efektif untuk Audiens?

#Yang pertama, Anda harus mengidentiffikai kebutuhan untuk menyusun modul pelatihan.
Dalam poin ini Anda harus tahu, batasan dan ruang lingkup penyusunan modul pelatihan kerja diidentifikasi merujuk kepada peraturan perundangan yang berlaku. Selain itu, Anda juga harus paham tentang rencana penyusun modul pelatihan kerja harus disusun sesuai dengan target dengan mempertimbangkan sumber daya yang tersedia dan target waktu penyelesaian

#Kedua, merusmuskan draft modul pelatihan kerja.
Poin kedua, kompetensi atau unit kompetensi dari stándar kompetensi kerja dipilih untuk dijabarkan kedalam modul pelatihan kerja sesuai dengan pelatihan kerja yang akan dialksanakan

#Ketiga, melakukan validasi draft modul pelatihan kerja
Metode pembahasan draf modul pelatihan kerja dipilih dengan mempertimbangkan ketersediaan sumber daya yang tersedia dan karekteristik bidang kerja atau lapangan usaha yang tercakup dalam modul.

#Keempat, membahas draft modul pelatihan kerja
Pelaksanaan validasi draf modul pelatihan kerja dirancang dengan mengikutsertakan para nara sumber, pihak industri dan para pakar pelatihan kerja sesuai dengan bidang kerja/lapangan usaha yang terkait

#Kelima, menyelesaikan penyusunan modul pelatihan kerja
Modul pelatihan kerja yang telah tersusun dicermati untuk memastikan kesesuaiannya dengan kebutuhan substansi teknis dan sistimatika penulisan modul yang ditetapkan.

Dan masih banyak poin-poin penting yang bisa kami sebutkan satu persatu. Cara mengenai bagaimana menyusuk modul pelatihan kerja ini akan dibahas secara terperinci dalam Training of Trainer Skema 2.

Training ini akan berlangsung pada tanggal 24 – 27 Januari bertempat di Menara 165.

Silakan untuk yang ingin mendaftar,  Anda bisa langsung daftar pada link di bawah ini :

http://bit.ly/DAFTARTOTLSP

Salam LSP Trainer Indonesia

Dapatkan Informasi Terbaru Seputar Training & Sertifikasi

Daftar sekarang !

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

Kami tidak akan menyebarkan informasi yang Anda berikan tanpa sepengetahuan Anda.

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by